Wednesday, November 2, 2016

TOEFL ITP - SUBJECT AND VERB

Part 1 The Structure Questions

Skill 1 Subject dan Verb
Perlu untuk dimaklumi bersama bahwa berani berbicara atau stand out menggunakan bahasa inggris itu penting, tetapi akan jauh lebih baik jika kita berbicara (maupun menulis) dalam bahasa inggris sesuai dengan struktur atau kaedah tata bahasa yang benar. Betul tidak?

Dulu saya juga termasuk orang yang sering ceplos-ceplos dengan percaya diri dalam bahasa inggris, karena menurut saya ini modal penting untuk menunjukan bahwa kita ingin belajar plus membentuk lidah dan otak kita untuk terbiasa. Namun, semakin menyelam dan belajar bahasa inggris, semakin haus dan semakin mengerti kalau bahasa itu akan jauh lebih “keren” kalau kita menggunakan struktur yang bener.

Pada bagian “The Structure Question” ini, teman-teman akan diuji kemampuan bahasa inggrisnya mengenai struktur kalimat. Coba perhatikan contoh sebuah pertanyaan mengenai struktur kalimat pada tes TOEFL di bawah ini:

A camel ___ 30 gallons of water in ten minutes.
(a)    Can drink
(b)   It can drink
(c)    A large drink of
(d)   With a drink of

Menurut analisa teman-teman semua, kira-kira mana jawaban yang tepat untuk contoh diatas? Buat teman-teman yang sudah punya jawabannya disimpen dulu ya dan buat teman-teman yang masih bingung jawaban yang tepat apa, berikut mari kita coba uraikan solusinya.

Pada kalimat diatas, subjeknya adalah “A camel”. Sementara kalimat “30 gallons of water in ten minutes” adalah keterangannya. Kira-kira dari sini yang kurang apanya coba? Yups, dalam struktur bahasa inggris dikenal dengan “Verb” atau kata kerja. Dalam bahasa inggris, sebuah kalimat minimal mengandung subjek dan kata kerja. Jika dirumuskan kurang lebih seperti ini :

S + V atau Subject + Verb

Mari kita kembali ke contoh diatas, jawaban yang menggambarkan kata kerja yang mana kira-kira? (b)? (b) bukan solusi yang tepat, karena jika kita menggunakan jawaban (b) maka aka nada 2 (dua) subjek yakni “A camel” dan “It”. (c) dan (d)? Ini juga bukan jawaban yang tepat, karena tidak mengandung kata kerja (verb) disana. Sehingga, solusi yang tepat yakni (a) Can drink.

Bagaimana teman-teman bisa dimengerti? Atau masih bingung. Yuk, coba kita pelajari contoh-contoh berikut ini ya :

1.    ___ was backed up for miles on the freeway.
(a)    Yesterday
(b)   In the morning
(c)    Traffic
(d)   Cars
Pembahasan :
Menurut teman-teman semua, apa yang kurang dari kalimat diatas? “was backed up” merupakan kata kerja atau verb. Yups yang kurang yakni subjeknya. (a) dan (b) bukan subjek melainkan keterangan waktu. (d) Cars dan (c) Traffic merupakan subjek namun mana yang lebih tepat? Jawabannya adalah (c). Karena kata “was” menunjukan “singular verb” sehingga memerlukan subjek yang “singular” pula yakni “Traffic”. Sementara (d) Cars menunjukan “plural”.
Oh ya teman-teman, pembahasan mengenai singular dan plural akan dibahas pada posting berikutnya ya. So, stay tune ya guys.

2.      Engineers ___ for work on the new space program.
(a)    Necessary
(b)   Are needed
(c)    Hopefully
(d)   Next month
Pembahasan :
“Engineers” merupakan subjek kalimat. Sedangkan “for work on the new space program” adalah keterangan kalimat. Kira-kira yang kurang apa hayo? Yups, kita memerlukan kata kerja atau verb disana. Jawaban yang tepat yakni (b).
3.   The boy ___ going to the movies with a friend.
(a)    He is
(b)   He always was
(c)    Is relaxing
(d)   Will be
Pembahasan :
Yups, kalimat diatas memerlukan kata kerja atau verb. Jawaban yang tepat adalah (d). Bagaimana dengan jawaban (c)? (c) Is relaxing tidak tepat karena relaxing adalah bagian kata kerja ektra yang tidak diperlukan karena sudah ada kata kerja “going”.
4.    ___ was ringing continuously for hours.
(a)    Loudly
(b)   In the morning
(c)    The phone
(d)   The bells
Pembahasan :
Pembahasan soal nomor 4 ini kurang lebih sama dengan pertanyaan nomor 1 ya teman-teman. Jawaban yang tepat yang mana? Yups, jawaban yang tepat yakni (c).
5.    Newspaper ___ every morning and every evening.
(a)    Delivery
(b)   Are delivered
(c)    On time
(d)   Regularly
Pembahasan :
Kalimat soal yang diperlukan yakni kata kerja. Yups, bener sekali. Dari pilihan yang ada, yang merupakan kata kerja yakni jawaban (b).
6.       The plane ___ landing at the airport in five minutes.
(a)    It is
(b)   It really is
(c)    Is descending
(d)   Will be
Pembahasan :
Pembahasan soal nomor 6 ini kurang lebih sama dengan pertanyaan nomor 3 ya teman-teman. Jawaban yang tepat yang mana? Yups, jawaban yang tepat yakni (d).

Bagaimana menurut Anda?Mudah bukan soalnya?Jika sudah difahami, silahkan lanjutkan ke soal berikutnya dengan mengklik This.

Namun, bagi Anda yang masih bingung dan perlu penjelasan mendetail, Anda dapat menghubungi kami di: rohelisantoni@gmail.com

         

0 comments:

Post a Comment